'

'

Hymne Pangandaran

Pengantar :
2 lagu ini saya ciptakan pertama nya untuk kebutuhan lomba Hymne/Mars Pangandaran pada bulan Juni 2011, walaupun sampai saat ini belum ada kejelasan tentang siapa pemenangnya.
Lagu Hymne Pangandaran pertama kali dinyanyikan di muka umum, yaitu pada saat HUT PGRI Kecamatan Padaherang tahun 2012 yang lalu. Pada saat itu Tim Paduan suara menyanyikan lagu Ciamis Manis, celoteh Panitia "Kalau ada Lagu Hymne Pangandaran alangkah lebih baik lagi", pada saat itu saya yang ditunjuk mengiringi Musik Tim Paduan suara menawarkan lagu Hymne Pangandaran ciptaan saya ini. Ketika diperdengarkan oleh Panitia dan Tim Padus, mereka tertarik dan ingin menyanyikan lagu Hymne ini. Saya Sebagai pencipta lagu, belum merasa tenang lagu ini dinyanyikan, karena belum ada legalitas formal dari pihak terkait, khususnya dari Presidium atau dari Pemerintah DOB Pangandaran yang pada saat itu belum terbentuk. Untuk itu saya meminta ijin dahulu kepada Sekjen Presidium yaitu Kang Andis Sose agar lagu ini bisa dinyanyikan di depan umum. Alhamdulillah Kang Andis Sose mengijinkan dan menyambut gembira tentang pementasan lagu Ini. di Gedung UPTD Pendidikan inilah lagu ini mulai diyanyikan dan diketahui masyarakat khususnya Guru-guru se-Kecamatan Padaherang. Mulai saat itu lagu ini banyak dinyanyikan di acara-acara Umum, seperti peresmian dan Pembantukan Paguyuban, acara kedinasan dan opening pada beberapa acara seminar di DOB Pangandaran. Lagu ini semakin banyak diketahui oleh masyarakat banyak setelah di-profil oleh Harian Kabar Priangan edisi 11 Desember 2012. 
Pernah dinyanyikan pada HUT SMK Negeri 1 Padaherang ke-9 yang dihadiri Penjabat Bupati Pangandaran, Ketua Presidium dan Rengrengannya, di Launching-kan pada Festival Layang-layang.
Bagi saya selaku pecinta seni, lagu ini sebagai bentuk Kreasi dan dukungan perjuangan atas terbentuknya DOB Kabupaten Pangandaran. Maju Terus Pangandaran !!!

Lirik Lagu Hymne Pangandaran
Hamparan sawah,  luas membentang
Hijaunya ladang,  dan pegunungan.
            Memanjat syukur,  kepada Tuhan
            Alam yang subur,  penuh harapan
Majulah pesisir selatan !
*          Disanalah kami yang damai
            Menata merajut asa
            Satu jiwa, tuk saling jaga
            Disana di PANGANDARAN
(adil makmur sejahtera...)                             
Lautan biru elok rupawan
Ramah menyambut tamu yang datang
            Permata agung tatar pasundan
            Budaya luhur galuh tanduran...
Mutiara parahiyangan





Lirik Lagu Mutiara Priangan
Matahari menerangi bumi,  bersinar menyambut harapan
Alam subur beri kami makmur, membelai pesisir selatan
            Air pegunungan mengalir perlahan, hijaukan sawah dan ladang
Sahaja rakyatnnya hidup bahagya, Menata membangun asa
Disana kutinggal di pangandaran, kucinta kampung halaman
Pantai indah nan elok rupawan, mutiara bumi priangan








(Sumber : Harian Kabar Priangan Edisi Selasa, 11 Desember 2012)
Link Lagu :

Share on :
 
© Copyright Heri Rip Kosasih 2011 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Heri Rip Kosasih | Published by Borneo Templates and Theme4all