'

'

KIARA HALIMUN

Kumpulan Pemuda Kreatif yang Ingin Mengangkat Potensi Wisata Daerah


 “Negeri ini seperti lukisan cakrawala yang indah” 
Kiara Halimun adalah sebuah kumpulan anak muda asli putra daerah pangandaran yang kebanyakan dari mereka rata-rata bekerja sebagai IT di beberapa perusahaan Nasional di Jabotabek.
Kecintaannya terhadap pesona dan keindahan alam pangandaran membuat mereka berkumpul membentuk kelompok yang mencoba mengangkat potensi wisata yang jarang sekali terekspose di wilayah pangandaran. Terlebih lagi mereka juga mempunyai hobi yang sama seperti dunia photography, vlog atau yutuber, bersepeda gunung, web desain dan penggemar drone.
“Kami biasanya hunting bareng ke tempat-tempat pegunungan atau pesawahan dibeberapa tempat daerah pangandaran jika kami pulang kampung ke pangandaran”, ujar Curdi salah seorang tim dari Kiara Halimun yang juga penggagas dari komunitas tersebut.
Pendokumentasian film atau foto-foto dokumenter yang kita ambil sebenarnya merupakan obat kangen kami terhadap kampung halaman, maklum kami semua rata-rata perantau yang bekerja di wilayah Jabotabek yang karena kesibukan kami bekerja jadi jarang pulang kampung. Jadi kalau kami pulang, kami manfaatkan untuk hunting tempat-tempat yang masih asri dan jarang terekspos oleh media.
Seperti contohnya pesona alam dan pesawahan agro wisata "Ranggon Bojong" di Desa Bojongsari yang Terletak di Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran. Kami kadang-kadang heran, Sekolah SMA di kota Bogor aja tahu dan mau datang bahkan menginap berhari-hari di daerah yang masih pegunungan tersebut, padahal kami saja yang dekat dengan tempat tersebut tidak begitu tahu dan tidak tren. Hal ini membuat kami penasaran, dan ternyata luar biasa, begitu indah dan menakjubkan, anda bisa melihat videonya di Kiara Halimun akun Youtube kami, atau bisa lihat di IG kami di @kiarahalimun_, jelas Curdi menerangkan.
Memang akun media sosial dimanfaatkan oleh mereka untuk mengangkat dan mempromosikan tempat-tempat yang indah dan jarang terekspose media. Anda bisa melihat bagaimana film-film dokumentasi itu digarap dengan teliti dan sempurna. Pengambilan gambarnya pun digarap tidak main-main, kadang-kadang mereka harus rela menunggu waktu musim padi tumbuh agar dapat mengambil gambar bagaimana begitu hijaunya objek pesawahan. Atau menunggu musim hujan untuk pengambilan gambar sebuah rawa agar airnya tidak sedang kering.

Ya, memang orang-orang yang tergabung dalam tim ini adalah orang-orang profesional dibidang itu. Pada waktu libur kerja atau week-end diantara mereka biasanya sering menerima job untuk pemotretan pre wedding secara profesional, ada juga beberapa diantara mereka yang menerima job pengambilan gambar untuk beberapa sesi di majalah atau di advertising.

Awalnya mereka menggeluti dunia itu dari iseng-iseng dan hobi belaka, atau hiburan saja disaat libur kerja.

Sekarang saatnya kami mencoba mengangkat potensi daerah pangandaran ke kancah dunia, karena jaman sekarang media sosial merupakan sarana efektif untuk mempromosikan daerah kita. Ya, mudah-mudahan bisa jadi viral dengan men-share hasil jepretan atau video kami, dan ini bisa memberikan kontribusi positif untuk pangadaran, sekaligus obat kangen kami pada kampung halaman.
IG : @kiarahalimun_
Share on :
 
© Copyright Heri Rip Kosasih 2011 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Heri Rip Kosasih | Published by Borneo Templates and Theme4all