'

'

OTAK MANUSIA LUAR BIASA HEBAT


Kapasitar Hardisk Komputer jaman sekarang luar biasa besar. Ada hardisk yang memori nya mencapai 5 TerraByte (5000 Giga Byte), dan mungkin akan selalu bertambah sesuai dengan perkembangan zaman. Konon katanya kapasitas sebesar itu, jika Hardisk tersebut kita isi dengan lagu MP3 secara penuh, untuk mendengarkan semua isi lagu tersebut membutuhkan waktu 8 tahun. Sungguh luar biasa bukan…?
Tapi Mari kita pikir kembali secara logis Sebagai bentuk tafakur kepada Sang Maha Pencipta…
Saat ini usia saya 33 tahun, saya masih bisa mengingat wajah-wajah teman saya ketika saya masih duduk di bangku kelas satu sekolah dasar, padahal itu sudah 27 tahun yang lalu. Kita masih ingat wajah guru kita yang mengajar kita di kelas satu sekolah dasar, wajah bibi-bibi yang menjajakan jajanan di kantin sekolah, cerita-cerita atau kejadian lucu di kelas ketika kita duduk di bangku sekolah dasar. Semuanya terekam secara jelas di benak kita.
Apakah kita tidak berpikir, betapa dhasyat nya memori otak kita??? Pernahkah anda bayangkan bagaimana rasa dingin nya es batu ketika kita pegang walau kita tidak sedang memegangnya, atau bagaimana wangi duren matang, bagaimana pedasnya cabe rawit merah walau kita tidak sedang memakannya. Semuanya terekam jelas pada memori otak kita. Dan berkas memori seperti itu tidak bisa dieksekusi oleh komputer secanggih apapun.
Sungguh luar biasa bukan???
Untuk itu, tidak berlebihanlah kiranya jika Albert Einstein pernah berkata, bahwa di dunia ini Cuma ada 2 hal yang tidak terbatas, satu; alam semesta dan yang ke-dua adalah otak manusia.
Otak manusia sangat super canggih.
Lebah madu yang punya 8000 sel saja, dia bisa mengingat jalan pulang menuju sarangnya walau sajauh apa dia mencari madu. Sementara otak manusia terdiri dari milyaran sel, yang ketika kita mengingat atau menambah hal baru yang kita ingat, dia akan otomatis menambah sel-sel nya, dan tidak terbatas.
Hal itu bisa kita buktikan. Kita sering mendengar keluhan seorang siswa yang akan menghadapi Ujian Nasional, dia belajar/menghapal sangat serius dalam beberapa hari bahkan mungkin hitungan minggu.  Murid tersebut mengeluh, betapa berat otak saya, penuh sekali otak ini dengan hapalan Ujian.
Setelah lelah menghapal, lalu anak tersebut nonton sinetron kesayangannya, setelah selesai menonton sinetron kesayangannya itu lalu datanglah ibu nya yang tidak tidak sempat menonton episode terakhir sinetron kesayangan keluarga tersebut.
Yang mengherankan, anak tersebut bisa menceritakan kembali sinetron yang berdurasi satu jam tersebut dengan lengkap dan sempurna kepada ibu nya, padahal sebelumnya anak tersebut merasa bahwa memori otaknya sudah penuh dengan hapalan Ujian nasional.
Atau sempatkah kita mengingat kembali kejadian terakhir dalam hidup kita dari mulai kita bangun tidur sampai kita kembali tidur lagi? Tentu itu pekerjaan yang mudah bukan untuk mengingatknya, padahal kalau dibandingakan, memori kita untuk merekam kembali kejadian hidup kita 24 jam terakhir itu bisa membutuhkan puluhan bahkan ratusan keping CD untuk merekamnya.
Otak Kita sangat luar biasa, namun hasil riset dari Buzan Centre Organization yang terletak di Inggris sana, bahwa kita baru memakai Potensi dan Kapasitas Otak kita kurang dari 1 % saja. Wahhh, kok bisa??? Menurutnya Manusia yang menguasai 25 bahasa saja, dia baru memakai 8 % saja dari kemampuan otak yang dia miliki.
Lalu muncul pertanyaan, kenapa kita tidak bisa memaksimalkan kerja otak kita, mungkin jawaban celotehnya Karena Tuhan tidak memberi kita buku petunjuk penggunaannya.
Ibarat jika kita membeli Smartphone baru, pasti dilengkapi dengan buku petunjuk penggunaanya, sehingga kita bisa mengoperasikan barang baru tersebut secara cepat dan optimal.
Ada joke dari orang jepang, bahwa orang jepang sangat membutuhkan otak orang Indonesia, kenapa? Karena otak orang Indonesia itu Original, mungkin karena orang  Indonesia masih banyak ruang yang kosong pada otak nya…haha…

di publikasikan pada Koran Ganesha Edisi II Bulan September 2012
Share on :
 
© Copyright Heri Rip Kosasih 2011 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Heri Rip Kosasih | Published by Borneo Templates and Theme4all